Senin, 29 September 2025

Pembahasan soal

 Nama.                : Rido Amalgrah,S.Pd.

Mata Pelajaran  : SBDK

Kelas                    : X 6,7, dan 8 

Pertemuan.        : 6

CP :

Peserta didik mampu, mengenal dan merekam pengalaan serta pengamatanya terhadap keterlibatan seni rupa dalam Kehidupan sehari-hari.


Tujuna Pembelajaran :

peserta didi dapat merancang karya seni rupa. 

Materi :pembahasan soal dan remedial 

Metode : ceramah 

Strategi : Strategi Pembelajaran melalui pengalaman 

1.Guru menyiapkan keseipan siswa dalam pembelajaran  

2. Siswa di minta untuk menyimak 

3. Guru Meminta Siswa untuk mengerjakan remedial dan pengayaan.

Materi :

asallamualaikum.wr.wb 

Selamat pagi anak-anak Soleh dan Soleha pada hari ini bapak ingin kalian menyimak pembahasan soal pts kemarin !!!

1. Fungsi tari sebagai sarana upacara

Tari berfungsi sebagai bagian dari ritual atau upacara adat/keagamaan. Gerak tari bukan hanya hiburan, melainkan sarana komunikasi dengan roh, dewa, atau leluhur. Misalnya *Tari Sanghyang* di Bali yang dipakai untuk ritual penyucian dan memohon keselamatan.

*2. Makna desain ruang gerak yang lebar*

Ruang gerak yang lebar menggambarkan *kekuatan, keluwesan, kebebasan, dan kelapangan jiwa*. Gerak ini memberi kesan megah, terbuka, dan penuh semangat.

*3. Maksud dari musik internal dan contohnya*

* *Musik internal* adalah iringan tari yang berasal dari tubuh penari itu sendiri, bukan dari alat musik luar.

* Contoh: hentakan kaki pada Tari Saman, tepukan dada pada Tari Bedhaya, siulan, atau suara vokal penari.

*4. Perbedaan gerak murni dan gerak maknawi*

* *Gerak murni*→ gerak yang dibuat untuk keindahan semata, tidak memiliki makna tertentu.

  Contoh: ayunan tangan, putaran badan dalam tari kontemporer.

* *Gerak maknawi* → gerak yang mengandung arti atau simbol tertentu.

  Contoh: tangan menangkup di depan dada bermakna penghormatan.

*5. Properti tari dapat menambah makna*

Properti berfungsi memperkuat simbol, menambah daya tarik visual, dan memperjelas pesan dalam pertunjukan.

* Contoh: *Selendang* pada Tari Gambyong melambangkan kelembutan.

* Contoh: *Keris* dalam Tari Keris Bali melambangkan keberanian dan kekuatan.

* Contoh: *Payung* dalam Tari Payung dari Minangkabau melambangkan kasih sayang dan perlindungan.

*6. Analisis makna Tari Pendet*

Berdasarkan lima unsur:

A. *Gerak*

   Gerakan tangan yang lembut, tatapan mata tajam, dan lenggokan tubuh anggun melambangkan *rasa hormat, kesucian, dan penghormatan* baik kepada dewa maupun tamu.

B. *Musik*

   Iringan gamelan Bali dengan tempo cepat memberikan suasana *meriah namun tetap sakral*, mencerminkan kegembiraan sekaligus rasa khidmat.

C. *Properti*

   Bokor berisi bunga yang ditaburkan kepada penonton melambangkan *kesucian, kebersihan hati, dan penyambutan penuh kehangatan*

D. *Kostum*

   Kebaya khas Bali dan kain songket emas/merah mencerminkan *kemewahan, keindahan, dan identitas budaya Bali* Selendang di pinggang memperindah gerak sekaligus simbol kelembutan.

E. *Tata Rias*

   Garis mata tegas, alis dipertebal, dan lipstik cerah menonjolkan ekspresi wajah sehingga pesan tari dapat *terlihat jelas, kuat, dan komunikatif* bahkan dari jauh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembahasan soal

 Nama.                : Rido Amalgrah,S.Pd. Mata Pelajaran  : SBDK Kelas                    : X 6,7, dan 8  Pertemuan.        : 6 CP : Peser...