Kamis, 08 Agustus 2019

mengevaluasi konsep unsur,perinsip, bahan dan teknik dalam berkarya seni rupa (menggambar anime)



Sekolah                                 :  SMA 3 AL-Azhar Bandarlampung
Mata Pelajaran                    : Seni Budaya (Rupa)
Kelas/Semester                    : XII / Ganjil
Materi Pokok                       : Konsep, unsur, prinsip, bahan, dan teknik dalam berkarya seni rupa
Alokasi Waktu                     : 3 Minggu x 2 Jam Pelajaran @45 Menit

A.      Kompetensi Inti
·         KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·         KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·         KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
3.1    Mengevaluasi konsep, unsur, prinsip, bahan, dan teknik dalam berkarya seni rupa
·    Mengidentifikasi konsep, unsur, prinsip dan bahan dalam karya seni rupa
·    Mengevaluasi konsep, unsur, prinsip dan bahan dalam karya seni rupa
·    Menganalisis teknik dan bentuk dalam berkarya seni rupa
·    Mengidentifikasi pembuatan karya seni rupa dua dimensi berdasarkan imajinasi dengan berbagai media dan teknik
4.1    Berkreasi karya seni rupa dua dimensi berdasarkan imajinasi dengan berbagai media dan teknik
·    Membuat karya seni rupa dua dimensi berdasarkan imajinasi dengan berbagai media, teknik, dan tema sesuai gaya pilihan sendiri
·    Mempresentasikan hasil karya imajinatif dengan berbagai media dan teknik secara tertulis dan lisan.

C.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·         Mengidentifikasi konsep, unsur, prinsip dan bahan dalam karya seni rupa
·         Mengevaluasi konsep, unsur, prinsip dan bahan dalam karya seni rupa
·         Menganalisis teknik dan bentuk dalam berkarya seni rupa
·         Mengidentifikasi pembuatan karya seni rupa dua dimensi berdasarkan imajinasi dengan berbagai media dan teknik
·         Membuat karya seni rupa dua dimensi berdasarkan imajinasi dengan berbagai media, teknik, dan tema sesuai gaya pilihan sendiri
·         Mempresentasikan hasil karya imajinatif dengan berbagai media dan teknik secara tertulis dan lisan.

D.      Materi Pembelajaran
·         Konsep, unsur, prinsip,bahan  dan  teknik dalam  berkarya seni rupa
·         Pembuatan karya seni rupa dua dimensi berdasarkan imajinasi dengan berbagai media dan teknik

E.      Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : Discovery Learning
Metode                          : Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran

F.       Media Pembelajaran
Media :
·         Worksheet atau lembar kerja (siswa)
·         Lembar penilaian
·         LCD Proyektor

Alat/Bahan :
·         Penggaris, spidol, papan tulis

·         Laptop & infocusmenge

tahapan tahapan mengajrakan menggambar wajah anime tampak depan
1.       Pertama-tama buatlah pola dasar lingkaran dan garis tengah dan bawah. Untuk lebih jelasnya bisa kamu lihat gambar di bawah ini.

Description: D:\bahan ajar kelas 11\Menggambar-Lingkaran.png

2.        Kemudian gambar pola dasar mata di bawah alis dan bentuk mata secara detail, lalu buat gambar bentuk hidung dan bibir di bawah garis yang bawah. Usahakan jarak antara bibir dan hidung tidak terlalu dekat.


3.       Untuk step pertama dan kedua di atas buatlah dengan garis tipis-tipis saja. Kemudian tebalkan jika kamu anggap semua sketsa sudah sesuai dengan yang kamu harapkan. Untuk lebih jelasnya bisa kamu lihat contoh di bawah ini.

Description: D:\bahan ajar kelas 11\Rambut-Anime.png
4.       Jika tahapan ini telah selesai silahkan kalian berikan referensi rambut  yang bisa di sesuikan
Perempuan

Description: D:\bahan ajar kelas 11\hair.jpg
 Laki-laki 


Description: D:\bahan ajar kelas 11\hair_2.jpg


Tidak ada komentar:

Posting Komentar