Sekolah : SMA
3 AL-Azhar Bandarlampung
Mata
Pelajaran : Seni Budaya (Rupa)
Kelas/Semester
: XII / Ganjil
Materi
Pokok : Konsep,
unsur, prinsip, bahan, dan teknik dalam berkarya seni rupa
Alokasi
Waktu : 3 Minggu x 2 Jam Pelajaran @45 Menit
A.
Kompetensi Inti
·
KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan
pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di
lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa,
negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.1
Mengevaluasi konsep, unsur, prinsip,
bahan, dan teknik dalam berkarya seni rupa
|
·
Mengidentifikasi konsep,
unsur, prinsip dan bahan dalam karya seni rupa
·
Mengevaluasi konsep,
unsur, prinsip dan bahan dalam karya seni rupa
·
Menganalisis
teknik dan bentuk dalam berkarya seni rupa
·
Mengidentifikasi pembuatan
karya seni rupa dua dimensi berdasarkan imajinasi dengan berbagai media dan
teknik
|
4.1
Berkreasi karya seni rupa dua dimensi
berdasarkan imajinasi dengan berbagai media dan teknik
|
·
Membuat karya
seni rupa dua dimensi berdasarkan imajinasi dengan berbagai media, teknik,
dan tema sesuai gaya pilihan sendiri
·
Mempresentasikan
hasil karya imajinatif dengan berbagai media dan teknik secara tertulis dan
lisan.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·
Mengidentifikasi
konsep, unsur, prinsip dan bahan dalam karya seni rupa
·
Mengevaluasi
konsep, unsur, prinsip dan bahan dalam karya seni rupa
·
Menganalisis
teknik dan bentuk dalam berkarya seni rupa
·
Mengidentifikasi
pembuatan karya seni rupa dua dimensi berdasarkan imajinasi dengan berbagai
media dan teknik
·
Membuat karya
seni rupa dua dimensi berdasarkan imajinasi dengan berbagai media, teknik, dan
tema sesuai gaya pilihan sendiri
·
Mempresentasikan
hasil karya imajinatif dengan berbagai media dan teknik secara tertulis dan
lisan.
D.
Materi
Pembelajaran
·
Konsep, unsur, prinsip,bahan dan
teknik dalam berkarya seni rupa
·
Pembuatan karya seni rupa dua dimensi
berdasarkan imajinasi dengan berbagai media dan teknik
E.
Metode
Pembelajaran
Model
Pembelajaran : Discovery
Learning
Metode : Tanya jawab,
wawancara, diskusi dan bermain peran
F.
Media
Pembelajaran
Media :
·
Worksheet atau
lembar kerja (siswa)
·
Lembar penilaian
·
LCD Proyektor
Alat/Bahan :
·
Penggaris,
spidol, papan tulis
·
Laptop &
infocusmenge
tahapan tahapan mengajrakan menggambar wajah anime tampak depan
1.
Pertama-tama buatlah pola dasar lingkaran dan
garis tengah dan bawah. Untuk lebih jelasnya bisa kamu lihat gambar di bawah
ini.
2.
Kemudian
gambar pola dasar mata di bawah alis dan bentuk mata secara detail, lalu buat
gambar bentuk hidung dan bibir di bawah garis yang bawah. Usahakan jarak antara
bibir dan hidung tidak terlalu dekat.
3.
Untuk step pertama dan kedua di atas buatlah
dengan garis tipis-tipis saja. Kemudian tebalkan jika kamu anggap semua sketsa
sudah sesuai dengan yang kamu harapkan. Untuk lebih jelasnya bisa kamu lihat
contoh di bawah ini.
4.
Jika tahapan ini telah selesai silahkan kalian
berikan referensi rambut yang bisa di
sesuikan
Perempuan
Laki-laki
Tidak ada komentar:
Posting Komentar