Selasa, 13 Agustus 2019

Membuat karya seni rupa dua dimensi dengan memodifikasi objek (menggambar tangan dengan benar mengunakan tekhnik garis)

Sekolah                                 : SMA AL-Azhar 3 Bandarlampung
Mata Pelajaran                    : Seni Budaya (Rupa)
Kelas/Semester                    : XI / Ganjil
Materi Pokok                       : Konsep, unsur,  prinsip, bahan dan teknik dalam berkarya seni rupa
Alokasi Waktu                     : 8 Minggu x 2 Jam Pelajaran @45 Menit

A.      Kompetensi Inti
·         KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·         KI-3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·         KI-4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
3.1    Menganalisis konsep, unsur, prinsip, bahan, dan teknik dalam berkarya seni rupa
·     Menganalisis konsep, unsur, prinsip, teknik, dan bahan dalam karya seni rupa
·     Menganalisis bahan dan teknik dalam berkarya seni rupa
·     Mempresentasikan hasil pengamatan terhadap konsep, unsur, prinsip, bahan dan teknik dalam berkarya seni rupa
4.1    Membuat karya seni rupa dua dimensi dengan memodifikasi objek
·     Membuat karya seni rupa dua dimensi dengan memodifikasi obyek, menggunakan teknik stilasi, distorsi, deformasi
·     Bereksplorasi dengan berbagai media dan teknik
·     Mempresentasikan konsep berkarya modifikasi secara tertulis dan lisan.

C.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·         Menganalisis konsep, unsur, prinsip, teknik, dan bahan dalam karya seni rupa
·         Menganalisis bahan dan teknik dalam berkarya seni rupa
·         Mempresentasikan hasil pengamatan terhadap konsep, unsur, prinsip, bahan dan teknik dalam berkarya seni rupa
·         Membuat karya seni rupa dua dimensi dengan memodifikasi obyek, menggunakan teknik stilasi, distorsi, deformasi
·         Bereksplorasi dengan berbagai media dan teknik
·         Mempresentasikan konsep berkarya modifikasi secara tertulis dan lisan.

D.      Materi Pembelajaran
·         Konsep, unsur,  prinsip, bahan dan teknik dalam berkarya seni rupa.
·         Pembuatan karya seni rupa dua dimensi dengan memodifikasi objek

E.      Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : Discovery Learning
Metode                          : Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran

F.       Media Pembelajaran
Media :
Worksheet atau lembar kerja (siswa)
·                      Lembar penilaian

·                      LCD Proyektor

     G. Bahan yang diajarkan 
           Teknik mengagambar tangan dengan benar 

           Tahap pertama yang harus kalian lakukan adalah, coba gunakan referensi untuk memudahkan kalian menggambar, kalian bisa gunakan foto ataupun tangan kiri kalian sebagai berikut




Tahap pertama yang harus kalian lakukan adalah, coba gunakan referensi untuk memudahkan kalian menggambar, kalian bisa gunakan foto ataupun tangan kiri kalian sebagai contoh.
kalian bisa ikuti seperti pola diatas
Selanjutnya yang kalian lakukan adalah mulai membuat jari-jari dari kerangka seperti gambar referensi, bagi jari menjadi 3 bagian .





sketsa telah jadi, mudah bukan? tidak seperti yang dilihat memang, namun jika kalian setiap hari practice dengan memerhatikan gerak tangan ataupun dengan foto referensi, kalian pasti akan terbiasa.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar