Sekolah : SMA
AL-Azhar 3 Bandarlampung
Mata
Pelajaran : Seni Budaya (Rupa)
Kelas/Semester
: XI / Ganjil
Materi
Pokok : Konsep, unsur, prinsip, bahan dan teknik dalam berkarya seni
rupa
Alokasi
Waktu : 8 Minggu x 2 Jam Pelajaran @45 Menit
A.
Kompetensi Inti
·
KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan
pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di
lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa,
negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI-3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI-4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.1
Menganalisis konsep, unsur, prinsip,
bahan, dan teknik dalam berkarya seni rupa
|
·
Menganalisis konsep, unsur, prinsip, teknik, dan bahan dalam karya seni
rupa
·
Menganalisis bahan dan teknik dalam berkarya seni rupa
·
Mempresentasikan hasil pengamatan terhadap konsep, unsur, prinsip, bahan
dan teknik dalam berkarya seni rupa
|
4.1
Membuat karya seni rupa dua dimensi
dengan memodifikasi objek
|
·
Membuat karya seni rupa dua dimensi dengan memodifikasi obyek,
menggunakan teknik stilasi, distorsi, deformasi
·
Bereksplorasi dengan berbagai media dan teknik
·
Mempresentasikan konsep berkarya modifikasi secara tertulis dan lisan.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·
Menganalisis
konsep, unsur, prinsip, teknik, dan bahan dalam karya seni rupa
·
Menganalisis
bahan dan teknik dalam berkarya seni rupa
·
Mempresentasikan
hasil pengamatan terhadap konsep, unsur, prinsip, bahan dan teknik dalam
berkarya seni rupa
·
Membuat karya
seni rupa dua dimensi dengan memodifikasi obyek, menggunakan teknik stilasi,
distorsi, deformasi
·
Bereksplorasi
dengan berbagai media dan teknik
·
Mempresentasikan
konsep berkarya modifikasi secara tertulis dan lisan.
D.
Materi
Pembelajaran
·
Konsep, unsur, prinsip, bahan dan teknik dalam berkarya seni
rupa.
·
Pembuatan karya seni rupa dua dimensi
dengan memodifikasi objek
E.
Metode
Pembelajaran
Model
Pembelajaran : Discovery
Learning
Metode : Tanya jawab,
wawancara, diskusi dan bermain peran
F.
Media
Pembelajaran
Media :
Worksheet atau
lembar kerja (siswa)
· Lembar penilaian
· LCD Proyektor
G. Bahan yang diajarkan
Teknik mengagambar tangan dengan benar
Tahap pertama yang harus kalian lakukan adalah, coba gunakan
referensi untuk memudahkan kalian menggambar, kalian bisa gunakan foto ataupun
tangan kiri kalian sebagai berikut
Tahap pertama yang harus kalian lakukan adalah, coba gunakan referensi untuk memudahkan kalian menggambar, kalian bisa gunakan foto ataupun tangan kiri kalian sebagai contoh.
kalian bisa ikuti seperti pola diatas
Selanjutnya yang kalian lakukan adalah mulai membuat
jari-jari dari kerangka seperti gambar referensi, bagi jari menjadi 3 bagian .
sketsa telah jadi, mudah bukan? tidak seperti yang dilihat
memang, namun jika kalian setiap hari practice dengan memerhatikan gerak tangan
ataupun dengan foto referensi, kalian pasti akan terbiasa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar