Mata Pelajaran : SBDK
Kelas : X 6,7,8,
Pertemuan : 2
CP :
Peserta didik mampu mengevaluasi hasil penciptaan karya tari dalam mengekspresikan diri dengan menciptakan karya tari yang berpijak dari tari tradisi berdasarkan makana dan simbol sebagi inspirasi saat membuat gerak tari kreasi secara individu ataupun kelompok sebagi wujud alkuturasi diri
Tujuna Pembelajaran :
- Menjelaskan makna tari berdasarkan fungsinya dimasyarakat
- menguraikan makna tari dalam gerak tari dan musik
Materi :
- Makana tari berdasarkan fungsinya dimasyarakat
- makna tari dalam emen musik.
Metode : ceramah dan (Problem-Based Learning)
Strategi :
- guru menyiapkan siswa dalam pembelajaran ( buku, buku cetak, serata kesiapan siswa dalam pembelajaran)
- siswa diberikan pertanyaan pemantik mengenai makana tari melalui pengalam mereka dalam melihat sebuah karya tari
- guru mendengarkanpendapat peserta didik yang kemudian menyambungkan dengan materi yang akan dibahas.
- siswa diminta untuk memperhatikan materi serta video yang ditampilakn toleh guru
- siswa diminta untuk mengemukaan pendapat mengenai materi serta video yang dia lihat.
Materi :
- makna tari berdasarkan fungsi dimasyarakar
- makna tari dalam elemen musik
asallamualaikum.wr.wb
Selamat pagi anak-anak Soleh dan Soleha pada hari ini bapak ingin kalian menyimak materi berikut yang akan bapak sampaikan meneai makna tari !!!
Tari adalah ekspresi seni yang kaya akan makna dan fungsi di masyarakat. Secara umum, makna tari dapat dikategorikan berdasarkan fungsinya: sebagai upacara, tontonan, dan pendidikan.
Pertama, tari sebagai bagian dari upacara memiliki peran yang sakral dan ritualistik. Di berbagai kebudayaan, tarian sering kali digunakan untuk menghormati leluhur, menyambut tamu penting, atau sebagai bagian dari perayaan keagamaan. Contohnya, Tari Saman di Aceh yang kerap dibawakan dalam upacara adat dan keagamaan.
Kedua, tari sebagai tontonan lebih menekankan pada aspek hiburan dan estetika. Tarian jenis ini dirancang untuk memikat dan menghibur penonton, seperti tari balet atau pertunjukan tari modern yang sering ditampilkan di panggung seni.
Ketiga, tari sebagai pendidikan berfungsi sebagai media untuk mendidik dan melatih disiplin, kreativitas, serta pemahaman budaya kepada para penarinya, seperti yang terlihat dalam kurikulum seni budaya di sekolah-sekolah.
Selain itu, makna tari juga dapat ditemukan dalam gerak tari dan musik yang menyertainya. Gerakan dalam tari bukan sekadar aktivitas fisik, melainkan sebuah bahasa tubuh yang menyampaikan cerita, emosi, dan pesan tertentu.
Setiap gerakan memiliki arti simbolis yang dapat menggambarkan karakteristik budaya dan tradisi suatu masyarakat. Misalnya, gerakan tangan dalam Tari Pendet dari Bali yang melambangkan penyambutan dan penghormatan. Musik pengiring tari, baik tradisional maupun modern, juga berperan penting dalam menciptakan suasana dan mendukung interpretasi dari gerakan tari. Musik tidak hanya membantu menjaga tempo dan ritme, tetapi juga menambah kedalaman emosional pada keseluruhan pertunjukan tari. Dengan demikian, tari menjadi medium yang kaya akan makna dan fungsi, mencerminkan identitas serta nilai-nilai masyarakat yang melestarikannya.
semangat anak-anak hebat dalam pembelajaran semster baru ini !
akhir kata wassalamualaikum.wr.wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar